Tips Belajar Renang Sendiri bagi Wanita

Tips Belajar Renang Sendiri bagi Wanita

Tak menutup kemungkinan, banyak orang yang sudah dewasa baik pria maupun wanita yang belum menguasai kemampuan berenang. Ada banyak alasan yang mencegah mereka untuk belajar, dari takut tenggelam hingga kurang percaya diri, terlebih bagi para wanita.

Keengganan ini memang cukup wajar. Namun sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar. Mengingat banyak manfaat yang bisa dinikmati setelah kemampuan renang ini dikuasai. Program pelatihan renang bagi wanita juga sudah banyak ditawarkan saat ini. Anda bisa memanfaatkan jasa mereka atau berlatih mandiri.

Benar, wanita pun bisa belajar renang secara mandiri. Mandiri ini bukan berarti tanpa bantuan orang lain, melainkan tetap diawasi oleh sosok yang bisa membantu seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut ini langkah-langkah belajar renang secara mandiri;

  1. Biasakan diri dengan air dan kolam

Tidak selalu langsung ke kolam dalam, pertama masuki kolam dangkal untuk membiasakan diri dengan air. Sambil belajar mengapung di kolam dangkal, berusahalah ke kolam lebih dalam sampai batas ketiak secara perlahan.

  1. Latihan bernapas

Masih di kolam dangkal, berpeganganlah di tepian. Tarik napas lalu letakkan wajah ke permukaan air kemudian hembuskan napas. Setelah itu, berdirilah seperti semula lalu bernapas normal. Lakukan sampai Anda terbiasa dengan wajah yang ada dalam air. Setelah terasa nyaman, coba pindah ke kolam yang lebih dalam dan lakukan hal serupa.

  1. Belajar mengapung

Sambil berpengangan dan bersandar di tepian kolam, tarik napas dan angkat kaki naik. Usahakan untuk terus mengapung. Trik ini akan butuh banyak sekali percobaan namun jangan putus asa, dan terus lakukan sampai setidaknya Anda mengapung 15 – 30 detik. Selanjutnya, Anda bisa membalik posisi badan dan masukkan kepala dalam air. Coba juga untuk menendang-nendang air.

  1. Gunakan pelampung

Pilih kickboard atau styrofoam noodle untuk digunakan berenang sejauh 1 lintasan. Posisikan pelampung di depan badan. Dengan lengan tegak lurus, coba dorong badan menjauhi dinding kolam menggunakan kaki. Gerakkan kaki secara berselang seling dalam air (gerak menggunting). Arahkan kepala ke samping agar dapat bernapas.

Baca juga: Kriteria Instruktur Renang yang Baik

  1. Mulai gunakan tangan

Setelah mahir dengan gerakan kaki, lintasan berikutnya mulai gunakan kedua lengan. Lepaskan salah satu tangan dari pelampung. Dayungkan lengan ke air lalu angkat hingga kembali ke posisi semula. Ganti lagi dengan tangan sebelahnya dan ulangilah cara ini.

  1. Tinggalkan pelampung

Selesai dengan gerakan tangan, cobalah berenang tanpa pelampung namun usahakan ia tetap di dekat Anda. Doronglah pelampung di posisi depan Anda tanpa memegangnya. Mulai gunakan tangan untuk mendayung gaya bebas, tendangkan kaki berselang-seling, luruskan tangan ke depan lalu bernapas sambil mengarahkan kepala ke samping.

  1. Jangan lupakan alat

Pakai peralatan renang seperti pelampung, kacamata renang dan topi renang. Alat ini akan menunjang latihan Anda.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda buat sebagai program pelatihan renang bagi wanita. Jika berlatih di kolam renang, usahakan hindari kolam rekreasi karena terlalu ramai kadang juga akan mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *